Latest

May 12, 2017 - IP-ASN Berikut kami informasikan form bora ... +++ April 5, 2017 - Seleksi Pengembangan Karir Eselon III dan IV Surat Pernyataan Kesediaan dan Sura ... +++ April 1, 2017 - PDDIKTI.2017 Bahan Pelaporan Pangkalan Data Pend ... +++ March 17, 2017 - PENETAPAN KELULUSAN PESERTA P3CKT TAHUN 2016 PENGUMUMAN TENTANG KELULUSAN PESERT ... +++ March 17, 2017 - Format Baru PEER REVIEW 1. PEER REVIEW buku 2. PEER REVIEW ... +++ February 23, 2017 - Data BPJS Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tetap Non PNS Sehubungan dengan telah dikirimkann ... +++ January 23, 2017 - Lampiran Surat tentang Seleksi Alih Status Tenaga Kontrak Dengan telah berdedarnya surat nomo ... +++ December 9, 2016 - Unduhan +++ December 7, 2016 - Materi Diklat Pengembangan Profesi PLP Universitas Brawijaya 7-8 Desember 2016 Dengan ini kami sampaikan materi di ... +++ December 6, 2016 - Materi Sosialisasi Pengembangan PLP bagi Pimpinan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Berikut materi sosialisasi pengemba ... +++ webdesign

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah merumuskan Rencana Strategis Pendidikan Tinggi 2010 – 2014, yaitu meningkatkan peran pendidikan tinggi untuk memperkuat daya saing bangsa dalam menghadapi persaingan global. Mengacu pada Renstra tersebut, Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang bertugas dalam pembinaan, pengembangan, pemberian bimbingan teknis, supervisi, dan evaluasi tenaga kependidikan perguruan tinggi, memberi perhatian khusus untuk meningkatkan profesionalismenya.

Pegawai sebagai tenaga kependidikan di perguruan tinggi pada umumnya merupakan berada dalam jabatan fungsional umum. Kariernya masih mengikuti karier reguler dengan kenaikan pangkat/golongan secara berkala 4 (empat) tahunan. Berbeda dengan pegawai tenaga fungsional tertentu yang telah memiliki sistem karier dan kompetensi yang jelas sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, tenaga fungsional umum belum memiliki aturan yang jelas. Karenanya terdapat berbagai permasalahan, baik yang menyangkut kompetensi, karier, maupun kesejahteraan mereka.

Dalam masalah karier, tenaga kependidikan yang bekerja dalam laboratorium telah memiliki jabatan fungsional tertentu, yaitu PLP. Namun, PLP dimaksud hanya berlaku bagi laboratorium tertentu yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN dan RB) Nomor 03 Tahun 2010. Laboratorium dimaksud adalah unit penunjang akademik pada lembaga pendidikan, berupa ruangan tertutup atau terbuka, bersifat permanen atau bergerak, dikelola secara sistematis untuk kegiatan pengujian, kalibrasi, danlatau produksi dalam skala terbatas, dengan menggunakan peralatan dan bahan berdasarkan metode keilmuan tertentu, dalam rangka pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan ditetapkannya PLP, maka tenaga kependidikan yang bekerja pada laboratorium yang masuk kategori Permen PAN dan RB Nomor 3 Tahun 2010, dapat berpindah status menjadi pejabat fungsional tertentu. Memfasilitasi kondisi tersebut, maka dilaksanakan diklat laboratorium yang memberikan bekal pemahaman tentang jabatan fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan.

Sumber : Buku Pedoman Penyelenggaraan Diklat Pranata Laboratorium Pendidikan