Latest

March 28, 2018 - Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepegawaian Calon Tenaga Kependidikan Tetap Non PNS Universitas Brawijaya Tahap I dan Tahap II Tahun 2018 SURAT  TUGAS Nomor : 3072/UN10/KP/ ... +++ March 15, 2018 - Cuti Dasar Hukum :  PP 11 Tahun 2017 Te ... +++ February 28, 2018 - Panduan SISTER untuk Dosen   No. Berkas  01. Panduan SIS ... +++ February 22, 2018 - BPJS Ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyele ... +++ January 29, 2018 - BPJS Kesehatan Untuk persyaratan pengajuan kartu B ... +++ January 29, 2018 - Model C SYARAT PENGURUSAN MODEL C Kantor Pu ... +++ January 19, 2018 - Sosialisasi DUPAK   MATERI SOSIALISASI STANDARD ... +++ January 9, 2018 - Pemetaan dan ABK Tenaga Kependidikan Dalam rangka perencanaan dan pembin ... +++ December 27, 2017 - Hasil Remidi Peserta Diklatsar CDT UB Tahun 2017 PENGUMUMAN Tentang HASIL REMIDI BAG ... +++ December 12, 2017 - Hasil Seleksi CPNS Tahun 2017 PENGUMUMAN Nomor : 12145/UN10/KP/20 ... +++ webdesign

PELATIHAN DASAR CALON TENAGA KEPENDIDIKAN TETAP

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

TAHUN 2018     

 

Melihat perkembangan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia merupakan tuntutan yang tidak dapat ditunda lagi karena adanya desakan dinamika global dan kemajuan ilmu pengetahuan serta tuntutan tugas sebagai aparatur Universitas Brawijaya. Untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang di harapkan pada kompleksitas dinamika global, regional dan local, maka penyelenggaraan Diklat dituntut untuk lebih kretif, inofatif dan dinamis sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tenaga Kependidikan Tetap  sebagai unsur primer sumberdaya manusia aparatur Universitas Brawijaya mempunyai perananan yang sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan administrasi  dan pembangunan. Sosok Tenaga Kependidikan Tetap  yang mampu memainkan peranan tersebut adalah Tenaga Kependidikan Tetap  yang mempunyai kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Universitas Brawijaya, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk dapat membentuk sosok Tenaga Kependidikan Tetap  seperti dimaksud diatas, perlu dilaksanakan pembinaan secara dini sejak Tenaga Tetap tersebut masih berstatus sebagai Calon Tenaga Kependidikan Tetap / Honorer melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan personil dalam rangka pembinaan apratur secara menyeluruh dan mengarah pada upaya peningkatan :

  1. Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan  masyarakat, bangsa, Negara dan tanah air.
  2. Kopetensi teknis, dan atau kepemimpinannya.
  3. Efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan  semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasi.

Sebagaimana ditetapkan maka PELATIHAN DASAR yang diangkat dari :

  1. Tenaga Administrasi Umum
  2. Tenaga Medis
  3. Tenaga Laboratorium
  4. Tenaga Teknisi

 

dilaksanakan dan wajib diikuti karena sebagai syarat pengangkatan Calon Tenaga Kependidikan Tetap untuk menjadi Tenaga Kependidikan Tetap , juga untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Tenaga Kependidikan Tetap  disamping pengetahuan dasar tentang system penyelengaraan administrasi umum, bidang tugas, dan budaya organisasi nya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Untuk kegitan kali ini peserta yang akan mengikuti adalah dari Tenaga Kontrak yang telah memiliki masa kerja 5 tahun atau lebih terhitung dari 1 Januari 2017. Selain itu Peserta yang mengikuti kegiatan dari jalur Tenaga Kontrak harus tercatat dan telah memenuhi pesyaratan lulus uji kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini untuk menjaga kualitas kompetensi Tenaga Kependidikan Tetap  Uiversitas Brawijaya

Berdasarkan hal di atas, penyempurnaan dan pengayaan konsep Diklat Prajabatan dilakukan dengan mengembangkan desain Diklat terintegrasi sejalan dengan perkembangan dinamika tuntutan jabatan dan penguatan terhadap kompetensi bidang sesuai dengan formasi jabatan yang ditetapkan. Nomenklatur Diklat Prajabatan diubah menjadi Pelatihan Dasar  Calon Tenaga Kependidikan Tetap, sebagai salah satu jenis Pelatihan yang strategis pasca UU ASN dalam rangka pembentukan karakter PNS dan membentuk kemampuan bersikap dan bertindak profesional mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultural dengan menggunakan perspektif whole of government atau one government yang didasari nilai- nilai dasar pegawai berdasarkan kedudukan dan peran pegawai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat.