Ditulis pada tanggal 2 January 2023, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan, Pengumuman, Umum

PENGUMUMAN
Nomor: 148/UN10/TU/2023

PENERIMAAN ASISTEN DOSEN DAN CALON DOSEN TETAP NON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CDT NON-PNS) DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN ANGGARAN 2023

 

Dalam rangka memenuhi kebutuhan Asisten Dosen dan dosen tetap Non-PNS di lingkungan Universitas Brawijaya (UB), maka bersama ini kami umumkan bahwa pada tahun 2023 UB akan melaksanakan penerimaan Asisten Dosen  dan Dosen Tetap Non-PNS. Adapun persyaratan dan tata cara seleksi penerimaan adalah sebagai berikut:

1. NAMA JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN, JUMLAH FORMASI, DAN RENCANA PENEMPATAN

Jumlah alokasi formasi Asisten Dosen dan Calon Dosen Tetap Non-PNS di lingkungan Universitas Brawijaya (UB) Tahun Anggaran 2023 sebanyak:

    1. 130 Asisten Dosen dan;
    2. 74 Dosen Lektor

dengan spesifikasi sebagaimana tercantum dalam lampiran pengumuman ini.

2. PERSYARATAN

  • PERSYARATAN UMUM
    • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    • Sehat Jasmani dan Rohani;
    • Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.
    • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya;
    • Berkelakuan baik dan tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
    • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Anggota Polri atau TNI atau pegawai/dosen tetap pada UB atau instansi lain;
    • Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau Anggota Polri atau TNI atau pegawai/dosen tetap pada instansi lain;
    • Pada tanggal 1 Januari 2023 berusia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun 0 bulan bagi pelamar dengan kualifikasi S2 (Magister);
    • Pada tanggal 1 Januari 2023 berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun 0 bulan bagi pelamar dengan kualifikasi S3 (Doktor);
    • Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja dengan institusi/lembaga/perusahaan/ perguruan tinggi;
  • PERSYARATAN KHUSUS
    • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan dan dibuktikan dengan fotokopi/salinan sah ijazah yang diligalisir atau scan dokumen asli, dengan ketentuan berikut:
      • Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, dari Perguruan Tinggi terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi minimal B.
      • Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh penyetaraan ijazah dari pejabat yang berwenang (Direktorat Jenderal DIKTI Kemenristekdikti atau Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud).
    • Kinerja Akademik:
      • ASISTEN DOSEN
        • Ditujukan bagi pelamar dengan kualifikasi S2 atau kualifikasi S2 yang sedang menempuh S3
        • Lulusan Perguruan Tinggi yang menerapkan sistem Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), memiliki IPK S1 minimal 3.00 (skala nilai 0-4); dan IPK S2 minimal 3.5 (skala nilai 0-4);
        • Bagi Lulusan S2 yang tidak menerapkan sistem IPK, maka dipersyaratkan menambah surat keterangan dari Perguruan Tinggi tempat studinya;
        • Lebih diutamakan memiliki publikasi ilmiah minimal di seminar internasional.
      • CALON DOSEN TETAP NON PNS
        • Ditujukan bagi pelamar dengan kualifikasi S3
        • Lulusan Perguruan Tinggi yang menerapkan sistem Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), memiliki IPK S1 minimal 3.00 (skala nilai 0-4); IPK S2 minimal 3.5 (skala nilai 0-4); dan IPK S3 minimal 3.5 (skala nilai 0-4);
        • Bagi Lulusan S2 yang tidak menerapkan sistem IPK, maka dipersyaratkan menambah surat keterangan dari Perguruan Tinggi tempat studinya;
        • Lebih diutamakan yang memiliki publikasi ilmiah internasional bereputasi atau accepted articles pada jurnal internasional terindeks Scopus atau setara atau hak paten.

3. TATA CARA PENDAFTARAN

A. PENDAFTARAN ONLINE

    1. Pelamar melakukan pendaftaran secara online pada https://kepegawaian.ub.ac.id/pengadaan, mulai tanggal 2 – 6 Januari 2023 pukul 15.00 WIB;
    2. Ikuti petunjuk dan langkah dalam pengisian formulir pendaftaran secara online;
    3. Pelamar harus mengunggah (upload) dokumen berkas lamaran beserta lampirannya.
    4. Satu peserta hanya mendaftar pada satu formasi;
    5. Bagi peserta yang telah berhasil melakukan pendaftaran secara online, selanjutnya akan dilakukan evaluasi administrasi oleh panitia.

B. BERKAS LAMARAN

    1. Peserta membuat surat lamaran menggunakan tulisan tangan dalam Bahasa Indonesia dan ditandatangani yang ditujukan kepada:

Rektor

Universitas Brawijaya

Jalan Veteran Malang

      2. Dokumen Data Dukung

      1. Scan asli KTP yang masih berlaku;
      2. Scan asli ijazah dan transkrip nilai S1 dan S2 dan/atau S3, dan disertai sertifikat akreditasi sesuai dengan persyaratan khusus;
      3. Bagi pelamar yang memiliki ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri harus melampirkan surat keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian ijazah dari Direktorat Jenderal DIKTI Kemenristekdikti atau Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek;
      4. Daftar Riwayat Hidup (mengisi dalam aplikasi) ;
      5. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 background warna biru (di upload dalam aplikasi);
      6. Surat Pernyataan tidak sedang terikat kontrak kerja/perjanjian/ikatan dinas pada instansi lain, bermaterai 10.000 (unduh dari aplikasi dan mengunggah Kembali setelah dibubuhi meterai );
      7. Surat Pernyataan Tidak Pernah Dihukum Penjara bermaterai 10.000 (unduh dari aplikasi dan mengunggah Kembali setelah dibubuhi meterai )
      8. Surat Pernyataan bersedia melanjutkan pendidikan doktor/S3 dalam waktu tertentu, bermaterai 10.000 (unduh dari aplikasi dan mengunggah Kembali setelah dibubuhi meterai ) bagi pelamar Asisten Dosen kualifikasi S2;
      9. Surat Pernyataan Terikat dengan UB bermaterai 10.000 (unduh dari aplikasi dan mengunggah Kembali setelah dibubuhi meterai )
      10. Surat Pernyataan bagi pelamar Dosen Tetap Non-PNS yang diterima: bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dari UB dengan alasan apapun sekurang-kurangnya selama 5 (lima) tahun sejak ditetapkan sebagai Calon Dosen Tetap Non-PNS.
      11. Bukti Pengalaman Kerja (jika ada);
      12. Bukti Pelatihan (jika ada);
      13. Bukti sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku (jika ada);
      14. Bukti publikasi (jika ada).

3. Surat Lamaran beserta semua berkas pendukung di unggah (upload) melalui laman https://kepegawaian.ub.ac.id/pengadaan paling lambat pada tanggal 06 Januari 2023 pukul 15.00 wib;

4. Untuk berkas lamaran dalam bentuk hardcopy diserahkan kepada panitia pada saat pelaksanaan pemberkasan setelah peserta dinyatakan diterima (jadwal akan disampaikan kemudian).

 

4. JADWAL SELEKSI DAN UJIAN

TAHAPAN UJIAN:

1. Seleksi Administrasi

    • Pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi apabila memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka romawi II, III dan IV;
    • Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui laman https://kepegawaian.ub.ac.id pada tanggal 07 Januari 2023, dan akan menerima kartu tanda peserta melalui alamat email masing-masing untuk dicetak.
    • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

    • Waktu dan tempat pelaksanaan SKD akan diumumkan lebih lanjut;
    • Materi SKD :
      • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia, yang meliputi : Pancasila; UUD 1945; Bhineka Tunggal Ika; Negara Kesatuan Republik Indonesia (Sistem Tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar);
      • Tes Intelegensi Umum (TIU) /Tes Skolastik, yang dimaksudkan untuk menilai: kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berfikir logis dan kemampuan berfikir analistis.
    • Pada saat pelaksanaan SKD, setiap pelamar wajib menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas asli yang masih berlaku.
    • Hasil tes SKD akan diumumkan melalui laman https://kepegawaian.ub.ac.id pada tanggal 13 Januari 2023.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

    • Materi Ujian SKB: Tes Tulis Bidang Studi dan Tes Wawancara serta Praktik Mengajar (micro teaching);
    • Pada saat pelaksanaan SKB, setiap pelamar wajib menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas asli yang masih berlaku;
    • Waktu dan Tempat pelaksanaan SKB akan diumumkan lebih lanjut;

 

5. PENETAPAN KELULUSAN

  1. Peserta dinyatakan lulus berdasarkan hasil integrasi nilai SKD dan nilai SKB;
  2. Pengumuman kelulusan pada tanggal 18 Januari 2023 melalui laman https://kepegawaian.ub.ac.id ;
  3. Keputusan Ketua Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat;
  4. Peserta yang dinyatakan lulus, wajib melengkapi/menyerahkan berkas (hardcopy) sebagai Asisten Dosen dan Calon Dosen Tetap Non-PNS pada tanggal 19 – 24 Januari 2023 dan mulai melaksanakan tugas pada tanggal 01 Februari 2023.

6. KETENTUAN LAIN

  1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan/persyaratan seleksi yang ditetapkan.
  2. Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak benar/sesuai dengan fakta atau melakukan manipulasi data, maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai Asisten Dosen dan Calon Dosen Tetap NonPNS/Dosen Tetap Non PNS.
  3. Pengumuman yang berkaitan dengan rekrutmen dan kelulusan pada setiap tahap seleksi hanya dilakukan melalui laman https://kepegawaian.ub.ac.id dan laman http://www.ub.ac.id  (tidak ada proses surat-menyurat).
  4. Jadwal pelaksanaan tersebut diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi. Pelamar wajib mengikuti perubahan tersebut.
  5. Seluruh tahapan seleksi TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.

Malang, 2 Januari 2023

Rektor,

TTD

Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc

 

 

Lampiran :

 

Back to top